Ciri Orang Cerdas

Bagaimana menurut anda ciri – ciri orang Cerdas ?

Apakah dia seorang dengan pendidikan Formal yang tinggi, ataukah Orang tersebut mempunyai pengalaman yang luas, atau bahkan dia seorang yang buta huruf dan tidak pernah mengenyam bangku sekolah sama sekali ? Mungkin anda mempunyai kriteria – kriteria tersendiri tentang orang Cerdas, dan tentu saja apabila orang menganggap kita sebagai orang Cerdas kitapun akan merasa bangga, bukan begitu. :D

Bagaimana jika anda pergi ke dokter, kemudian sang dokter memberikan penjelasan tentang penyakit anda dengan gaya bahasa seorang ahli kedokteran dengan tingkat kesulitan yang susah dipahami oleh sang pasien. Atau mendapatkan penjelasan tentang dunia IT oleh saya misalkan dengan gaya bahasa yang “melangit” (teknis detail) sehingga anda sendiri susah untuk memahaminya, Ataukah seorang Akuntan terkenal menjelaskan kepada kita yang awam tentang kondisi ekonomi global saat ini dengan gaya bahasa yang sedemikian luar biasa sehingga kita hanya melongo dan tengok kanan – kiri tanpa tahu makna apa yang dibicarakannya ? Apakah ini yang disebut seorang yang CERDAS, ataukah menurut anda ini yang dimanakan tingkat kecerdasan yang jauh diatas kita sehingga kita yang awam akan sesuatu hal tidak mengerti dengan apa yang dikemukakan oleh mereka semua itu.

Pernah dengar orang yang bernama MUHAMMAD ? pasti semua orang didunia ini pernah dan tahu siapa Muhammad itu. Ya, dia adalah Nabi yang membawa ajaran Islam yang saat ini mungkin menjadi agama mayoritas di Indonesia atau bahkan di dunia (tidak tahu klo di dunia lain apa juga menjadi mayoritas). Apakah menurut anda Beliau ini termasuk orang Cerdas, kalau saya menganggapnya ya, mengapa demikian. Terbukti dengan efek yang diberikan dari ajaran yang disampaikannya sungguh luar biasa sampai mendunia. Terlepas itu adalah ajaran yang memang ditakdirkan seperti ini, yang ingin saya tampilkan adalah bagaimana cara beliau ini menyampaikan kepada semua orang.

Pada awalnya beliau ini tidak menjelaskan sesuatu secara mendalam dan sangat detail, akan tetapi hanya dengan bahasa sederhana yang bisa dimengerti oleh banyak orang.  Apakah beliau ini suka beranalogi untuk menjelaskan sesuatu ? tidak juga menurut saya. Kecenderungan beliau ini menjelaskan sesuatu dengan melakukannya, karena tidak semua orang mengerti gaya bahasa seseorang, arah dan maksud pembicaraannya jadi jika dilakukan terlebih dahulu orang bisa sementara menirunya setelah itu mempelajari lebih detail.

Hal – hal seperti ini yang sering kita lupakan, bahwa kita tidak selalu berada di ruang lingkup masyarakat dengan tingkat intelegensia atau background pendidikan dan wawasan yang sama. Sehingga kita perlu berpikir cukup keras untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain dan orang lain bisa mengerti penjelasan kita.  Selamat mencoba untuk “membumi” jangan terus “melangit” karena di langit belum tentu banyak orang, mungkin yang banyak hanyalah benda – benda yang melayang yang sudah tidak memerlukan penjelasan anda :)

139 thoughts on “Ciri Orang Cerdas

  1. aisalwa Mei 26, 2007 pukul 4:23 am Reply

    OrAnG CeRDaS ?
    …….adalah Jika orang tersebut mampu mengendalikan hawa nafsunya dan berpikir untuk kebaikan akhiratnya…………

    numpang promosi ah,

    http://aisalwa.wordpress.com/

    Suka

    • allessandro Mei 7, 2010 pukul 4:19 pm Reply

      orang cerdas y,,,,,,,,,, pasti nya kbanyakan berbohong.

      Suka

      • andre Desember 29, 2010 pukul 8:54 am

        knp bisa !!!!!!!

        Suka

      • Dendayasa Januari 6, 2011 pukul 11:07 am

        Orang cerdas orang yg memahami kekurangannya

        Suka

    • irsal Januari 27, 2011 pukul 4:09 am Reply

      ciri-ciri orang cerdas adalah orang yang mampu menyelesaikan masaalahnya dengan cepat tanpa bantuan orang lain,,,

      Suka

  2. ario dipoyono Mei 30, 2007 pukul 6:35 am Reply

    ah… jadi orang yang dianggap cerdas adalah lebih celaka dari pada orang yang tidak di anggap cerdas tapi dia cerdas.

    Kadangkala orang yang menganggap dirinya cerdas dan pintar biasanya jadi sombong, orang sombong banyak musuhnya.

    Suka

  3. addiah_risyda Juli 9, 2007 pukul 4:56 am Reply

    Orang cerdas adalah orang yang mampu memahami makna dari kecerdasan itu sendiri

    Suka

  4. me2t Juli 28, 2007 pukul 2:39 am Reply

    orang cerdas adalah orang yang berani mengambil keputusan dan rajin dalam melakukan segala hal

    Suka

  5. baim Juli 28, 2007 pukul 2:42 am Reply

    orang cerdas adalah orang yang jujur, terbuka dan saling menghormati sesama ^_^

    Suka

    • allessandro Mei 7, 2010 pukul 4:15 pm Reply

      ORANG CERDAS PASTI NYA SELLU PANDAI BACA SITUASI,
      DAN KONDISI.

      Suka

      • tranex Desember 24, 2010 pukul 7:54 am

        gk semuanya yg kalian ktakan bnar…karena orang yg cerdas itu slama ini ada di sekeliling kalian.
        contohnya aku,,,,,,,hahahhahahahahha.
        kalau mau knlan tinggal call aja aku.
        okta;082175440672…..ok
        good luck smuanya…..

        Suka

  6. dan Agustus 1, 2007 pukul 6:44 am Reply

    Sombong merupakan satu sifat keji yang dibenci Allah dan rasul malah oleh seluruh isi alam ini. Mengekalkan sifat sombong ertinya mengekalkan diri dalam kutukan Allah. Abu Laits Al Samarqandi meriwayatkan ; daripada Ka’bul Ahbar :
    Orang yang sombong itu akan datang pada Hari Qiamat berupa orang sekecil semut, diliputi oleh kehinaan dan diberi minum “Thinatul Khabaal” yakni darah bercampur nanah daripada ahli neraka.

    Sifat sombong atau ego ini hampir semua orang memilikinya , cuma sesiapa yang kuat mujahadah dan takutkan Allah sahaja berjaya mengikis sifat keji ini. Antara ciri-ciri seseorang itu ada penyakit sombong ialah:

    1. Suka memperkecilkan orang lain lebih-lebih lagi orang yang dipandang hina dan lebih rendah taraf darinya.
    2. Susah menerima sebarang nasihat, teguran atau kritikan daripada orang lain terutama orang di bawahnya.
    3. Bermegah dengan keistimewaan anugerah Allah kepadanya, seperti cantik, berjawatan tinggi, kaya, bijak, mahsyur, dipuji orang, keturunan baik dan sebagainya.
    4. Suka marah-marah kepada orang atau membentak-bentak orang di khalayak ramai.
    5. Rasa diri hebat, sempurna, kuat hingga membelakangkan kehebatan dan kebesaran Allah samasekali.
    6. Suka bergaul dengan orang yang setaraf dengannya sahaja.
    7. Pendapatnya sahaja yang betul dan mesti diterima, orang lain salah dan tidak penting.
    8. Susah minta maaf dan senyum pada orang lain.
    9. Tidak pernah fikir kesusahan orang , ia fikir kesenangannya sahaja.

    Apakah ciri-ciri di atas ada pada kita? Kalau ada ertinya kita memiliki sifat sombong, dan kita dalam kemurkaan Allah.

    Sifat sombong jika dikekalkan ia akan membinasakan hidup kita di dunia dan Akhirat. Di dunia, susah payah hidup, kita tanggung sendirian. Bila mati tidak ada seorang pun yang akan mengenang. Orang yang sombong akan dibenci ke mana sahaja dia pergi. Kalau dia seorang bos pejabat, anak-anak buah akan menjauhkan diri, jika dia pemimpin , suatu hari nanti ia akan digulingkan dan jatuh sejatuhnya.

    Lihatlah pada kesudahan orang-orang yang menyombongkan diri mereka. Azazil, ketua para malaikat; kerana sombongnya dia dihalau keluar dari Syurga. Firaun ditelan Laut Merah kerana kesombongannya mencabar Allah dan mengaku dirinya tuhan. Qarun ditelan bumi bersama harta yang meilmpah ruah juga kerana sombong. Kikislah sifat sombong ini dengan berkata pada diri:
    “Wahai diri…kalau kau sombong kau akan kehilangan kawan. ALlah dan Rasul dan seisi alam akan membenci mu. Hidup keseorangan seperti kera sumbang. Syaitan, firaun, Namrud, Qarun menjadi temanmu dalam Neraka. Sanggupkah kau menanggung azab siksa Neraka yang manusia dan batu menjadi bahan bakarannya? Kawah yang isinya logam cair menggelegak, akan dicelupkan dirimu ke dalamnya. Tahankah dengan siksaan itu??”

    Sebagai penawar kepada sifat-sifat sombong ini , amalkan setiap hari:
    1. Baca Surah Ad Dukhan
    2. Selawat
    3. Mengekalkan sifat kehambaan walau di mana berada.

    InsyaAllah kita akan terselamat daripada sifat terkutuk itu.
    Tiada gunanya kita mempertahankan sombong. Firman Allah :

    “Janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong kerana sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembusi bumi dan tidak akan sampai setinggi langit.”
    Oleh itu burui lah sifat tawadhuk; merendah diri dgn Allah

    Suka

  7. setiaji November 22, 2007 pukul 7:19 am Reply

    mbuh Bab, jadi blur pengertian cerdas utk skrg ini..

    Suka

  8. Heroes Desember 11, 2007 pukul 1:54 pm Reply

    Orang cerdas adalah orang yang berfikir sebelum ia mengambil keputusan. Ia tidak akan pernah mau untuk menciptakan permasalahan yang tidak penting baginya dan juga orang lain. Orang cerdas juga tidak mudah terhasut fitnah orang lain. Orang cerdas tidak akan percaya dengan gosip sebelum ia menemukan fakta yang sebenarnya.

    Suka

  9. pembaca Desember 17, 2007 pukul 6:05 am Reply

    cara memudah kan manusia jadi cerdaa nya gk tu

    Suka

  10. slamet riyadi lampung Februari 6, 2008 pukul 3:51 am Reply

    Ketika Muhammad ber usia 0-40th dengan segala aktifitasnya yang positif dimata Allah beliau adalah sesat (dhoolan), sedang kata kebanyakan manusia beliau adalah al amin, (termasuk cerdas) namun ketika wahyu sudah turun padanya usia 40-63 th di mata Allah beliau adalah cerdas (fahada/mendapat petunjuk). tapi manusia menilainya majnun/gila.

    Jadi kalau saya sih, yang disebut orang cerdas adalah orang yang berwahyu.

    Suka

  11. ramon Maret 1, 2008 pukul 4:19 pm Reply

    cerdas adalah dapat perpikir dengan baik.
    mengetahui apa yg dikerjakan dan apa hasil yg dikerjakannya.

    Suka

  12. sigit Maret 13, 2008 pukul 9:13 am Reply

    woooooooooow…………… tulisan dan komentar yang bagus. terimakasih telah menyadarkan aku

    kata penasehatku orang cerdas adalah ia yang yakin akan kehidupan setelah kematian dan ia mempersiapkan bekal untuk kehidupannya.
    bila dijabarkan yang dimaksud orang cerdas adalah orang yang tau SIAPA, DIMANA DAN MAU KEMANA SERTA UNTUK APA IA ADA.

    jika pingin cerdas ikuti nasehat orang-orang cerdas insyaallah ketularan cerdasnya

    RESEP UNTUK BISA MUDAH BERBUAT BAIK

    Dihadapan orang ataupun ketika sendiri sama saja, Allah Ta’ala maha mengetahui, tak ada satupun peristiwa yang luput dari pengetahuanNYa dan setiap perbuatan pasti ada balasannya sekecil apa pun itu.

    Suka

  13. Trismadie Maret 14, 2008 pukul 7:25 am Reply

    Orang cerdas adalah orang yang yakin telah diberikan potensi oleh Allah dan bisa mengembangkan potensinya. bersyukur atas nikmat yang telah diberikanNYA dan mempergunakan nikmat tersebut dengan semestinya,

    arti mengunakan nikmat dengan semestinya adalah :
    dikasih hidup untuk ibadah, dikasih duit untuk sedekah, dikasih jabatan untuk amanah, dikasih mulut bukan untuk menfitnah, dikasih kaki untuk ziarah, dikasih nafsu bukan untuk zinah, dikasih pacar untuk dinikah, dikasih masalah untuk merubah,

    cerdas itu ada 3 macam
    1. cerdas otak/inteligensi
    2. cerdas emosi
    3. cerdas spiritual

    jadilah orang yang cerdas secara sempurna dengan menguasai 3 hal tersebut… okey

    salam kenal soko cah Temanggung

    wassalam

    Suka

  14. muslim Maret 23, 2008 pukul 2:40 pm Reply

    Orang yang cerdas itu adalah orang yang tanggap dan berpikir cepat can kritis cenderung otokritis

    Suka

  15. erent Maret 26, 2008 pukul 4:13 am Reply

    makna orang cerdas tu relatif lahhhhhhhhh…….tergntng sp yg memaknainya…..yo po rakkkkk!!!!!!

    Suka

  16. den_bagus April 15, 2008 pukul 8:28 am Reply

    Cerdas itu adalah solusi…………….!!!!
    mengertikan maksud saya ???
    kalo gak ngerti brarti Anda bukan termasuk orang CERDAS

    Suka

  17. den_bagus April 15, 2008 pukul 8:28 am Reply

    Cerdas itu adalah solusi…………….!!!!
    mengertikan maksud saya ???
    kalo gak ngerti brarti Anda bukan termasuk orang CERDAS.

    Suka

  18. Dyah_elFarrasy Mei 3, 2008 pukul 12:16 pm Reply

    orang cerdas adalah orang yang yang mampu mempersiapkan amal untuk kematianya

    Suka

  19. sEFa_FiDYA Agustus 4, 2008 pukul 11:56 am Reply

    MeNuRuT SaYa.,.,.
    UpS.,.,
    sRy Qt B’2 mKsUde.

    OrAnG CerDas yAiTu.,.,
    sE2oRang yAnG mAmpU mEngArtIkAn tNtAng OrNg cErdAs
    dAn oRanG cErdAs iTu SenDiRi mampu mEngArtikAn QtA
    sEbAgAi oRanG YaNg CerdAs.
    dAn QtA seBagAi oRanG cErdAs dpat membuktikan bahwa diri QT 2 cerdaS,dGn Cra QT Berkt
    “BAHWA KITA CERDAS”
    .
    .TruS Tkan
    .
    .
    .
    .
    .
    .TeKan lAGi
    .
    ..
    .
    .
    .
    .
    LebH ManTap Lagi
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .Semakn KraS Anda mENEKAN
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .INILAH JAWABNYA

    Tp qt sBGAI oRANG yG cERDaS Jga Tdk Tau aPa 2 CerdaS_

    NgLtekS Iah.,.,.,

    m”f kLw KomEnTar Kami Br2
    Tdk Berkenan Di hT Anda_

    Suka

  20. Boeng Tay September 6, 2008 pukul 2:06 pm Reply

    hmmm….

    Orang Cerdas yaitu orang pintar yg bertindak cerdik.
    Konkretnya —> Mampu mengambil keputusan yg efektif dan terbaik.

    Orang yg pintar IQ nya belum tentu dia cerdas.
    Orang cerdas sudah pasti dia pintar.

    salam kenal :

    by : me
    *Org yg masih harus banyaak belajar, belajar dan belajaar.

    Suka

  21. ren September 9, 2008 pukul 7:54 am Reply

    Org cerdas ialah orang yang selalu menganggap dirinya bodoh,mengenali kebodohannya,mengatasi kebodohannya,dan mengakui Dialah Tuhannya yang Maha Cerdas,,

    Suka

  22. real Oktober 10, 2008 pukul 7:20 pm Reply

    orang cerdas adalah orang cerdas

    Suka

  23. kisdiyani Oktober 22, 2008 pukul 6:42 am Reply

    orang cerdas adalah orang yang tdk marah dikatakan bodoh atas ketdktahuannya, mampu mensyukuri atas segala yang ada padanya dan bersabar atas segala yang terjadi padanya

    Suka

  24. kisdiyani Oktober 22, 2008 pukul 6:46 am Reply

    orang cerdas adalah orang yang bahagia atas semua nikmat dan derita, orang yang optimis akan hari esok, berjuang keras akan hari ini dan tidak menyesali akan hari kemarin, kecuali semuanya itu ia jadikan untuk mencari ridla Allah SWT

    Suka

  25. fathoy Oktober 23, 2008 pukul 12:37 pm Reply

    lam knal..
    orang cerdas adalah yang mampu menyederhanakan masalah yang rumit.

    Suka

  26. anshory Oktober 23, 2008 pukul 2:18 pm Reply

    Orang cerdas,orang yang mengerti situasi dan bijaksana dalam mengambil keputusan

    Suka

  27. alpian November 12, 2008 pukul 3:07 am Reply

    orang cerdas menurut saya bisa atau mampu mengatur waktunya sendirisehingga tidak terombang ambing oleh waktu tersebut serta tidak merugikan antarr sesama

    Suka

  28. gamar November 14, 2008 pukul 12:47 am Reply

    Hai….
    menurut saya orang cerdas bukan dilihat dari kemampuan verbal atau matematis logisnya,tapi dilihat dari kemampuan menyelesaikan masalah dan kemampuan kreatifitasnya.
    Tapi hati-hati lho……..!Orang cerdas diminati sama penyakit “sombong”.So bagi anda yang merasa cerdas take care n be carefull karena penyakit sombong benar-benar membahayakan,selain menyebabkan ilmunya g berkah…!
    C u…….

    Suka

  29. Sholihat November 15, 2008 pukul 9:20 am Reply

    Assalamualaikum. salam kenal mas

    saya mencari pengertian cerdas lewat google. ketemu sama blog mas, tulisan mas bagus, mengena. ya, kecerdasan itu tidak diukur dari besarnya kosa kata orang tsb. karena orang yang senang bermain kosa kata alias meninggi ketika berbicara justru orang yang berpikir sempit. sebab udah ketahuan, tujuan mereka bukan untuk membagi pengetahuan dan ilmu yang dipahaminya pada orang lain, akan tetapi cuma mau pamer aja. sering saya menemukan tipe orang spt itu. mendengar pembicaraan mereka susah mudengnya (mungkin saya nya kali yang error, he..he..)mudah-mudahan saya tidak spt mereka. amin

    (izin copas ke blog saya ya mas. tks :-) )

    Suka

  30. faisal Desember 6, 2008 pukul 9:58 am Reply

    kenali dirimu niscaya kau akan mengenali tuhan mu

    Suka

  31. faisal Desember 6, 2008 pukul 10:03 am Reply

    kenapa kita ga cerdas..

    Suka

  32. ZIVO Desember 23, 2008 pukul 12:59 pm Reply

    PENDAPAT ANDA TIDAK TERFOKUS ….
    ARGUMEN YANG LEMAH.,…

    Suka

  33. iklan Januari 1, 2009 pukul 2:01 pm Reply

    ai ting,.,.seperti yang anda katakan orang cerdas adalah orang yang bisa membuat orang mengerti apa yang ia katakan.,.n orang cerdas adalah orang yang bisa berpikir kritis,tahu pa yang harus ia lakukan di manapun dan dalam keadaan apapun.Misalnya.,.,..gak jadi ah,kira-kira ya begitu lah.pareng nggih.

    Suka

  34. fawwaz dan Shidqy Januari 6, 2009 pukul 5:22 am Reply

    Kalau menurut saya (saya masih SD kelas V), CERDAS bagi manusia seperti kita ini bermacam bahkan ada 10 atau 15 macam kecerdasan. IQ, EQ,SQ, FQ (Fiansial Qoestion)atau juga Natural Question dll. Menurut saya : “Orang Cerdas itu tidak jauh berbeda dengan Orang Gila” paradigma manusia yang otak dan hatinya masih orisinil, terbungkus dan tidak pernah dipakai. Contoh Mbah Marijan saat ada gempa Tektonik di Jogja, dimana Tim penanggulangan bencana dan bahkan Sinuhun merayu Marijan untuk turun gunung karena”SiagaIII” tapi beliau tetap saja di Gunung Merapi.”Dasar orang Gila, orang-orang lain pada turun gunung dan ke kota Yogya untuk keselamatan malah dia bersiul untuk mati”, itu salah satu komentar di TV. Tapi apa yang terjadi, Gunung Merapi TAK JADI MELETUS” dan yang dikota khususnya di Bantul (yang adem ayem)malah tak terduga kena Gempa, luka-luka berat dan bahkan ada yang mati. Jadi orang kaya Marijan saat itu dianggap gila sekarang Cerdas dan dulu orang-orang yang menggangap Marijan Gila (dirinya cerdas) sekarang jadi “Gila”

    Suka

  35. arif budi w Januari 13, 2009 pukul 12:39 pm Reply

    orang cerdas menurut saya adalah orang yang bisa memahami hakikat dia hidup di dunia ini dan bisa
    berbuat yang terbaik untuk dirinya dan membawa manfaat bagi seluruh umat manusia.Dan orang yang
    paling cerdas yang pernah di ciptakan di dunia ini adalah NABI MUHAMMAD SAW.

    Suka

  36. hartono Januari 15, 2009 pukul 3:29 am Reply

    manusia yang punya sipat rendah diri ,memberikan perjalanan hidupnya ,ilmunya, hartanya ,waktunya bermanafaat bagi manusia, tumbuhan , hewan,bahkan yang lebih luas alam .yang semuaitu mulai berawal dari diri nya sendiri yang selalu bersukur atas nik mat hidup dan selalu menghormati dan menghargai alam berserta isinya .cerdas yang selalu diberi hidayah ALLAH saw

    Suka

  37. hartono Januari 15, 2009 pukul 3:32 am Reply

    manusia yang punya sipat rendah diri ,memberikan perjalanan hidupnya ,ilmunya, hartanya ,waktunya bermanafaat bagi manusia, tumbuhan , hewan,bahkan yang lebih luas alam .yang semuaitu mulai berawal dari diri nya sendiri yang selalu bersukur atas nik mat hidup dan selalu menghormati dan menghargai alam berserta isinya .cerdas yang selalu diberi hidayah ALLAH

    Suka

  38. akoor Januari 21, 2009 pukul 6:50 am Reply

    wah pendapatnya keren keren baik sang penulis atau pun para komentatornya….

    sebelumnya Assalamualaikum Wr Wb.

    Oh ya mas.. Hemat saya, Dokter, Ekonom atau para ahli diatas mereka adalah orang orang yang pandai. Bukan masalah kecerdasan. Orang dapat jadi pandai karena rajin belajar bukan pengaruh kecerdasan secara langsung.

    Orang dikatakan bergelar cerdas biasanya itu di berikan ketika masih berusia dini, atau dapat dikatakan orang cerdas adalah bawaan atau tergantung nutrisi yang diasup oleh sang bunda ketika mengandung baik itu nutrisi rohani maupun jasmani. Walaupun tidak mutlak bawaan sejak lahir tingkat kecerdasan bisa ditingkatkan sewaktu waktu dengan nutrisi dan sering mengasah otak. Stressing point disini adalah nutrisi baik itu nutrisi lahiriah maupun jasmaniah jadi dengan nutrisi yang baik maka akan meningkatkan kecerdasan disamping memang bawaan sejak lahir dan faktor keturunan.

    Dan saya melihat sosok Muhammad bukan hanya sebagai orang yang cerdas ataupun seorang yang pandai. Tetapi ada gelar yang lebih . .. yaitu bijaksana… dan orang yang pandai atau pun cerdas belum tentu bijaksana. Beliau sudah pada strata tertinggi yaitu kebijaksanaan. Allahualam tentang kepandaian dan kecerdasan beliau karena ada riwayat beliau tidak bisa baca tulis dan lingkungan beliau jahiliyah.

    Orang yang sudah bergelar bijaksana dia dapat mengkondisikan dirinya.. dimana dirinya berada. Kebijaksanaan tidak dapat diperoleh dari pendidikan formal ataupun asupan nutrisi tetapi dari pengalaman.

    Pada artikel yang baru saya tulis…. cerdas vs pandai vs bijak di blog baru saya di akoor.multiply.com.

    Untuk sefa fidya netiket posting dijaga.

    Numpang promosi..

    blog baru saya di wordpress
    akoor.wordpress.com
    gallery saya di deviatart.
    akoor.deviantart.com

    mohon maaf kalau ada salah salah kata. Saya disini tidak punya kapasitas sebagai seorang dibidang psikologi, agama ataupun seorang filosof atau penulis.

    Suka

  39. Evan Januari 29, 2009 pukul 6:51 am Reply

    Saya kira sharing ini baik karena kita memang harus jadi orang yang cerdas. Menurut saya orang yang cerdas sesungguhnya adalah sama pengertian yang di KBBI dan orang yang mampu mengatasi semua permasalahan hidupnya dengan baik.

    Suka

  40. Andien lawra Februari 18, 2009 pukul 6:42 am Reply

    Orang cerdas adlh orang yang bisa mengatasi sgla macam permasalahan dan bisa menerima kenyataan pahit yang terjadi dalam hidupnya tanpa merasa telah melakukan atau tidak mampu mengatasi permasalahna yanqg terjadi dalam hidupnya, n orang cerdas adalah org yang memandang kegagalan adalah sebuah keberhasilan yang tertunda dan bisa mengambil hikmah dari musubah ataupun kegagalan yang telah terjadi dan terus berfikir bahwa kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda, slalu berfikir positif, bisa menghadapi masalah dengan lapang dada, punya motivasi yang tinggi untuk mencapai tujuan hidupnya tanpa pernah mengeluh dan yang terakhir orang cerdas bukan berarti orang yang punya nilai akademis yang tinggi pada saat dia menempuh jenjang pendidikan

    Suka

  41. reki Maret 18, 2009 pukul 8:33 am Reply

    orang cerdas adalah orang yang bisa menghargai smua jripayah apa pun yang dilakukan oleh semua orang,orang cerdas dapaf berfikir positif dalam situasi apa pun ……….
    tolong di perjelas lagi informasinya jangan cuma seadanya makasih………..

    Suka

  42. indRa April 18, 2009 pukul 7:44 pm Reply

    Orang yang cerdas adalah orang yang mampu mengendalikan hawa nafsu, dan berfikir secara rasional, bukan den EmosioNaLLL….

    Suka

  43. doni dartafian amirudin Mei 12, 2009 pukul 2:57 am Reply

    cerdas itu:
    – dapat menyelesaikan masalah dengan baik
    – dapat menciptakan hal-hal baru yang berguna
    – didapat dari pengalaman dan belajar
    dan masih banyak lagi…

    Suka

  44. hanna Mei 23, 2009 pukul 2:53 am Reply

    cerdas ( cerita Dewasa )

    Suka

  45. iwan Mei 26, 2009 pukul 1:54 am Reply

    Cerdas itu…. pintar – pintar membaca situasi agar mampu menempatkan dirinya sesuai situasi tersebut!

    Orang yang cerdas tak akan “minum kopi panas disiang hari” juga tak akan “minum es kalapa muda di musim hujan”

    Cerdas itu hampir mirip dengan perasaan peka! hanya beda nya, kalo ke-Cerdas-an di proses di dalam otak sedangkan ke-Peka-an di proses di dalm hati!!!

    Suka

  46. poezzcyta Juni 4, 2009 pukul 9:22 am Reply

    ceRdas iTu, temAnnya Pinter daN musuhnYa boDo….. :-D

    Suka

  47. Boysatrio Juni 6, 2009 pukul 12:52 pm Reply

    Kalau pendapat saya, orang yang cerdas adalah orang yang dapat membedakan antara Baik dan buruk, benar atau salah salah dosa atau pahala dari hati nuraninya.
    Otomatis orang itu jujur tidak perlu diragukan. Pendapat saya hal ini berlaku untuk bangsa apa saja, agama apa saja, kelompok apa saja tanpa kecuali dan bersifat universal. Bila perlu kita uji sample , dari orang2 yang kita anggap cerdas berdasarkan penilaian orang banyak. Jelas Nabi Muhamad SAW masuk dalam kriteria ini

    Suka

  48. putu eka Juni 11, 2009 pukul 2:05 am Reply

    orang cerdas sich jika menurut saya adalah orang yang mampu menyelesaikan suatu masalah tanpa menimbulkan masalah lagi yang lebih besar di kemudian hari…. tapi bukan semua orang pintar itu cerdas….

    Suka

  49. tudik Juni 11, 2009 pukul 2:09 am Reply

    orang cerdas adalah orang yang mampu membahagiakan semua orang-orang didekatnya………
    tp nieeeee cumen pendapatttt aq ja loh!!!!!!!!!!

    Suka

  50. Vanny.Lianto Juni 13, 2009 pukul 4:55 am Reply

    Menurut saya yang dikatakan orang cerdas ialah mampu menyadari setiap perbuatan yang ia ingin lakukan / perbuat lewat ucapan , pikiran dan perbuatannya , sehingga ia dapat terhindar dari setiap masalah baru yang muncul dari dirinya sendiri dan pada akhirnya dia tidak mendapatkan masalah yang membuatnya menderita . Serta dapat memahami bahwa setiap masalah itu datang dari diri sendiri bukan datang dari siapa-siapa atau orang lain . Karena diri kitalah yang menentukkan nasib kita sendiri . .

    Suka

  51. Vanny.Lianto Juni 13, 2009 pukul 4:56 am Reply

    Menurut saya yang dikatakan orang cerdas ialah mampu menyadari setiap perbuatan yang ia ingin lakukan / perbuat lewat ucapan , pikiran dan perbuatan badan jasmaninya, sehingga ia dapat terhindar dari setiap masalah baru yang muncul dari dirinya sendiri dan pada akhirnya dia tidak mendapatkan masalah yang membuatnya menderita . Serta dapat memahami bahwa setiap masalah itu datang dari diri sendiri bukan datang dari siapa-siapa atau orang lain . Karena diri kitalah yang menentukkan nasib kita sendiri . .

    Suka

  52. Vanny.Lianto Juni 13, 2009 pukul 4:57 am Reply

    Gitu dehh setahuku . . .
    Benerr ga ?
    hehehhehe :D

    Suka

  53. Vanny.Lianto Juni 13, 2009 pukul 4:58 am Reply

    OWHH yah 1 lagi orang yang cerdas itu yahh kayak kita2 ini yang sudah masuk u/ memberi komentar kita masing-masing . okay sekian dulu yahh bye2

    Suka

  54. Vanny.Lianto Juni 13, 2009 pukul 4:59 am Reply

    OWHH yah 1 lagi orang yang cerdas itu yahh kayak kita2 ini yang sudah masuk u/ memberi komentar kita masing-masing . hehehe :)
    okay sekian dulu yahh
    bye2 :D

    Suka

    • icha Juli 22, 2009 pukul 8:10 am Reply

      cerdas…..
      -bg anak kecil mgkn cerdas adlah ktk mrlihat temanya dpat juara 1,dialah anak cerdas.

      -cerdas memilki berbagai makna tergantung dari sudut pandang mn di artikan,,
      -yang jelas bersyukurlah kalian smw ktk memiliki kecerdasan lbh dan ksempatan lbh banyak untuk belajar..
      -cerdas adalah ktk seseorang tak pernah bosan untuk belajar segala hal……sampai tiada lg nafas kehidupan dlam diriny.

      Suka

  55. Pasa Firaya, ST Juni 26, 2009 pukul 3:21 am Reply

    Berkunjung dan baca infonya, menarik…

    Suka

  56. wildan Juli 26, 2009 pukul 10:36 am Reply

    orang yang cerdas menurut nabi muhammad sendiri . orang yang mengintrospeksi diri sendiri dan mau mengoreksi diri sendiri dan beramal soleh untuk bekal setelah mati

    Suka

  57. sri maryati Agustus 3, 2009 pukul 7:30 am Reply

    Mnrt q sih, org cerdas itu hrs pandai mengatur sikap dlm menjalani hidupnya :
    1. Berani berinisatif.
    2. Pandai mengatur waktu.
    3. Senang Melayani dan memberi.
    4. Membuka Diri.
    5. Senang bekerja sama dan membina hubungan baik.
    6. Senang mempelajari hal-hal yang baru.
    7. Jarang Mengeluh.
    8.Berani mananngung resiko.
    9. Berpikir positif setiap saat.

    cukup itu aja deh sekian……..

    Suka

  58. agung wicaksono Agustus 5, 2009 pukul 4:12 am Reply

    org cerdas adl:

    santai,ga sombong, gaul, byk tmen, humoris,
    kelihatannya seh “ga niat hidup” geto, tp sbenarnya punya visi yg jauh k dpn. tp org2 ga tau aj, cz org hny melihat sisi santainya saja.

    Suka

  59. jay Agustus 29, 2009 pukul 6:13 pm Reply

    orang cerdas is orang yg simpel deh….itu seh klo menurut gwe

    Suka

  60. jhentenk September 15, 2009 pukul 5:28 am Reply

    terkadang sifat sombong, bila orang itu merasa dirinya lebih pintar. walaupun mereka ga ngaca bila mereka ada kekurangan,biasanya orang itu tidak mau tau urusan orang lain, apa lagi klo berpendapat, pa lagi klo mencari pasangan pasti milihnya yang sederajat, itu lah orang yang sombong. mereka jgn di tiruu….penuh dengan hidup mewah dan manja…

    Suka

  61. suherimukti September 15, 2009 pukul 8:59 pm Reply

    banyak orang yg menyimpulkan arti cerdas. saya tertarik dengan arti cerdas diatas yaitu dapat memanfaatkan situasi disekitarnya untuk kebaikan dirinya, kurang lebih seperti itu. menurut sy kecerdasan yg ada pada seseorg dipengrh oleh usia. setiap org dpt dikatakn cerdas, dan kecrdsn pd seseorg akan berubah-ubah seiring dgn bertambhnya usia. tergntung kita umat manusi utk mengndlkn diri kita.

    Suka

    • Tyok September 25, 2009 pukul 6:38 am Reply

      menurut saya simpel aja…Cerdas itu “NyanteLan”

      Suka

  62. Deni Learn To Rock September 28, 2009 pukul 10:23 pm Reply

    Org cerdas itu mampu memahami, mengamalkan…dll, smua…kata, huruf, angka dlm kamus atw smua ilmu yg pernah d kenal manusia (tergantung tingkatan dan macam2 kecerdasan) sampai pd batas kesempurnaan makhluk (ciptaan yg maha cerdas)…

    …bisa saja org cerdas tak sanggup berkomentar dsni atw malah berkomentar hebat atw malah bwt org gk ngarti atas komentarnx atw iseng mengetik kode2 sandi/teka-teki ga jelas, bahkan bs mnjdi munafik & sombong (sifat negativ yg bs d timbulkan)…

    Sy lbh trtarik dgn kata bijaksana yg brarti lbh ke sifatnx org cerdas (dlm arti positif). . .yg mengarah pada hasil keputusan yg matang…dan pastinx ^menghakimi apapun^ adalah sesuatu yg memberatkan pd org bijak…krn menghakimi akn melangkahi sifat ketuhanan…(sang maha hakim yg telah memberi kelebihan, kekurangan, rezeki makhluk. . .dll dlm qodho & qodar-Nya)…dan harus ati2, yg kalo ga ati2 akibatnx bs kufur nikmat…

    Kmbali pd kata CERDAS (kebendaan)…menurut saya hal di atas tak bs dipisahkan. . .untk mengartikannx, krn setiap manusia dikaruniai berbeda2 kelebihan. . .yg pastinx untuk menutupi kekurangannx. . .karena setiap manusia adalah khalifah dimuka bumi dgn keanekaragamannx…dan tempat kembalinx adalah surga & neraka di akhirat nanti…

    Jd saya cm bs menyimpulkan bahwa org lain lah yg menilai cerdas atw tidaknx seseorang. . .brdasarkan opini d atas (dlm arti pd suatu kondisi tepat org bs mengatakan ia cerdas…& pd kondisi tertentu bisa saja org lain menganggap sebaliknx (ia idiot)…

    Mav kalo ada salah pd komentar sy…mohon d koreksi, saya hanya beropini…mengisi pembahasan cerdas…^dr hati^ duh sy kok jd pusing sndri, hidup simple aja kok tinggal mana yg mw kt pilih…tp jgn lupa saling mengingatkan jg :-D

    Suka

  63. rasyid Oktober 7, 2009 pukul 10:53 pm Reply

    orang pintar itu tidak akan cerdas!. tetapi kalau org cerdas dia pasti punya pemikiran di dlam drinya!. karna org cerdas brguna untuk menggapai cita2!. dan jangn lah engkau sombong di hdpan org yg blum cerdas!. trima kasih DAn!!. isian and sngat brmanfaat bgi org yg mmbacanya

    Suka

  64. zen Oktober 28, 2009 pukul 1:59 am Reply

    cerdas: saya setuju para nabi adalah contoh orang yg cerdas
    bisa mengemban wahyu allah, visioner, aflikatif, teladan otak kanan kiri sama berkembangnya jadi cerdas itu insan kamil / utuh

    Suka

  65. arivynt Januari 6, 2010 pukul 10:02 am Reply

    mempersiapkan hidup nya untuk kematiaanya = cerdas

    Suka

  66. widini Januari 23, 2010 pukul 6:03 am Reply

    Setuju.
    Cerdas ? itu hanya perasaan kita saja.Bahkan tes IQ juga tidak menjamin seseorang menguasai semua aspek ilmu pengetahuan, sebab setiap orang memiliki bidang atensinya sendiri.
    Sehingga kita butuh orang lain. Untuk saling berbagi. Dan dunia inipun dapat berjalan dengan semestinya, karena setiap orang saling membutuhkan, karena keterbatasan ilmu pengetahuan, fisik.
    Coba kalau kita serba bisa, cerdas di segala sektor, apapun yg ditanyakan kepada kita mulai dari seluruh seluk beluk ilmu ekonomi manajemen, marketihg, sampai akuntansi kita kuasai, begitu juga di bidang hukum, kedokteran, IT, seni, dan ilmu ilmu lainnya, kita kuasai sampai sedetail detailnya. Adakah orang seperti itu di jaman sekarang ini ?
    Kita pasti pernah sakit bukan ? Ketika kita jatuh sakit dan tidak mampu melakukan apapun bahkan berpikir yang normal sekalipun, setinggi apapun IQ kita, saat itu kita menyadari bahwa kita membutuhkan orang lain untuk menolong kita….UNTUK BERPIKIR !!!
    Maka jangan pernah mengira bahwa kecerdasan itu hanya milik kita…
    Tiap manusia diberi karunia yang harus kita amalkan dengan sebaik-baiknya.sebab suatu saat kita akan berpulang ke haribaanNYa
    Salam.
    Widini.

    Suka

  67. aang Maret 15, 2010 pukul 11:03 pm Reply

    “cerdas”..
    bagus2 tuch penjelasan dan comment2nya,saya rasa smua yang masuk di sini orangnya cerdas2 makanya saya masuk biar ktularan cerdas GT.
    makasih smuanya…

    Suka

  68. ciwink Mei 11, 2010 pukul 5:14 am Reply

    cerdas itu..
    orang yang mampu berpikir cepat dan tepat…
    berani mengambil keputusan percaya akan kemampuan’a.
    dan bertanggung jawab atas sgala perbuatannya.

    Suka

  69. Wildan Muttaqin Mei 17, 2010 pukul 12:22 pm Reply

    TEST2

    Suka

  70. yaredi laia Juni 20, 2010 pukul 3:09 pm Reply

    seseorang dapatdikatakan cerdas, jika di berhasil mengendalikan pikiran orang lain, dan mampu memimpin orang lain, dan tidak bisa di pengaruhi orang lain, dan bisa mengambil hati orang lain ,dan suka berpikir di hari depan sehingga dapat menyusun rencana kedepan walau tidak begitu tepat….

    Suka

  71. Rabitha Juli 10, 2010 pukul 9:04 am Reply

    Apakah anda orang cerdas????

    Suka

  72. arif Juli 12, 2010 pukul 4:37 am Reply

    oh ya no hp aku 085733092606

    Suka

  73. sadid Juli 26, 2010 pukul 6:49 pm Reply

    yang di namakan kecerdasan adalah mencari sesuatu yg kita butuhkan agar kita dapat menemukanya sesuatu jln keluar dengan menggunakan otak kita dgan cepat dan tepat mencapai sesuatu yg kita harapkan, apalagi sesuatu yg positif agar hidup bahagia bukan yg positif

    Suka

  74. Ade_23 September 25, 2010 pukul 1:25 pm Reply

    Artikel & komen yg menarik.
    Cerdas mnrt sy pny arti yg bnyk. Tiap qt pny hak mengartikanya sesuai pngalaman dn persepsi msg2, sbgm qt jg pny hak utk mrasa sbg org yg cerdas (jgn sampai sombong^). Dan org lainpun pny hak jg utk mnilai qt sbg org yg cerdas atw bukan. Tp yg trpenting adlh penilaian Tuhan ke qt, sbg insanNYA yg cerdas hingga dgn upaya qt sndr bs bahagia dunia akhirat dgn sgla kemampuan dan kterbtsan qt.
    Like all this komen lah.
    Salam kenal

    Suka

  75. dedi Oktober 15, 2010 pukul 2:35 pm Reply

    cerdas itu bisa menyelesaikan MASALAH dengan cepat dan juga bisa berpikir dengan cara penyelesaian masalah yg bijaksana, adil dan mau menerima saran orang lain kritik orang lain ataupun hinaan oranglain

    Suka

  76. Abdi teh Ayie Desember 12, 2010 pukul 3:17 pm Reply

    orang CERdaS adalah orang yang tahu kekurangan dan kelemahan dirinya sendiri

    Suka

  77. yolanda Januari 17, 2011 pukul 8:54 am Reply

    orang cerdas adalah orang yg bisa memikir untuk ke depan lgi

    Suka

  78. Merry Januari 27, 2011 pukul 5:01 pm Reply

    AsSalamualaikum
    bicara soal cerdas, mnrut sya cerdas adlah org yg prcya diri n lebih memainkan logika. Itu ajha.
    Wasalam

    Suka

  79. bucong Januari 31, 2011 pukul 12:05 pm Reply

    Saya Mau pintar gi mna tapi iya …

    Suka

  80. bucong Januari 31, 2011 pukul 12:07 pm Reply

    GI MANA JADI ORANG SUSKEZ

    Suka

  81. eldy Februari 2, 2011 pukul 3:25 pm Reply

    orng cerdas itu….,, byak ide,,gagasan,inovatif,,kreatif,motivasi yang tinggi dan punya pendirian ( -+ )tindakan /realisasi di lapangan.

    Suka

  82. dinda pratiwi Februari 11, 2011 pukul 3:01 pm Reply

    orang yang cerdas itu bisa berpikir secara rasional,serta bertindak secara cepat terhadap kondisi yang sulit

    Suka

  83. Yazmeen Ozaq Attamimy Februari 14, 2011 pukul 9:32 am Reply

    oRaG cRdAs,OrAg Yg BsA MmBdKaN yG bAtIl N bNaR,N mGgNkAn OtAk Na UnTuk BrFkIr…

    Suka

  84. firdaus Februari 23, 2011 pukul 8:18 am Reply

    orang cerdas adalah orang yang tidak akan masuk ke dalam lubang yang sama(jalan keburukan),dan orang yang dapat menerima sesuat dengan ikhlas.

    Suka

  85. ipul Februari 24, 2011 pukul 1:48 pm Reply

    wah kelihatannya udah pada cerdas tuhh.. karena orang cerdas mamapu memanfaatkan segala potensi yang diberikan oleh Allah untuk kemaslahatan umat manusia dan alam demi mendekatkan pada Allah SWT. Karena semuanya dari Allah dan kelak semua akan kembali pada Allah SWT. Dan semua aktifitas manusia akan sia2 bila tidak karena Allah SWT. Semoga orang2 yang belum cerdas akibat membaca dan memahami secuil mutiara cerdas ini menjadi cerdas!!! amin…

    Suka

  86. egi juanda Februari 25, 2011 pukul 4:39 am Reply

    kalau menurut saya cerdas itu belum tentu pintar,Cerdas,seorang pemimpin itu harus cerdas, gimana kalau pemimpin gak cerdas,dunia pasti akan ambruk….

    Suka

  87. larosso Maret 1, 2011 pukul 12:11 pm Reply

    bisa menyampaikan apa yang ingin disampaikan dgn cara yg sederhana..hehehe

    Suka

  88. Nona Fitriani Mandasari Maret 4, 2011 pukul 4:23 am Reply

    assalamuaallaikum,

    maaf ya ikutan, saya bukanlah orang pintar tetapi menurut saya orang pintar jaman sekarang sangat banyak dalam arti luas, cuma kita susah mencari orang yang benar, kecuali allah YME dan Nabi SAW dan juga para malaikat2nya

    Suka

  89. sugriwo Maret 13, 2011 pukul 8:11 am Reply

    menurut saya orang Cerdas itu ya Muhammad-lah
    karena kita ikutan Beliau,…
    semoga kita semuanya termasuk orang-orang yang di Ridloi Allah, Amin

    Suka

  90. Amienanto Maret 14, 2011 pukul 2:59 pm Reply

    Cerdas adalah Cermat ,Efektif , Rajin ,Diplomatis , Amanah ,Sukses intinya yg menulis dikolom ini orang – orang cerdas begitu juga pembacanya , Tks

    Suka

  91. ahadi April 1, 2011 pukul 1:13 pm Reply

    orang yang cerdas adalah orang yang menganal siapa dirinya yang sejati

    Suka

  92. akmal April 6, 2011 pukul 11:48 am Reply

    yg pastinya dia suka baca

    Suka

  93. 085229334477 April 18, 2011 pukul 4:59 pm Reply

    cerdas adalah + kebaikan n – kesalahan..

    Suka

  94. yhayank April 19, 2011 pukul 12:16 am Reply

    TIPS BUAT KAMU YANG INGIN CERDAS !!

    Orang yang cerdas yang bisa mengendalikan amarahnya dikala dia emosi ,, dan orang cerdas bukan berarti dia pintar dalam akademis saja , tetapi orang cerdas BISA MENYELESAIKAN 3 ATAU 4 PEKERJAAN SELESAI DIHARI ITU JUGA .

    CONTOH : PAGI INI KAMU BISA MENYELESAIKAN TUGAS DIRUMAH , SEPERTI MENCUCI PIRING , MENCUCI PAKAIAN DAN MEMASAK , SELESAI DIPAGI ITU JUGA , DAN ITULAH ORANG YANG CERDAS JUGA .

    mari MELAKUKANNYA SEMOGA BERMANFAAT …

    BY : yhayank aiiu ( kalau mau add fb aku ketik aja nama itu ntar juga muncul , join juga iia di BLOGGERS YHAYANK LOVE U ,, SALAM SUKSES ..

    Suka

  95. yuda April 27, 2011 pukul 3:34 am Reply

    orang yang cerdas adalah orang yang bisa memahami kata “tenang” di saat ada masalah

    Suka

  96. tanto Mei 8, 2011 pukul 1:02 am Reply

    cerdas sama aja dengan pintar orang pintar pasti sukses amiem kalo ceredas itu ia bikin apa juga bisa

    Suka

  97. tanto Mei 8, 2011 pukul 1:03 am Reply

    cerdas itu bikin apa saja bisa loh ??

    Suka

  98. tanto Mei 8, 2011 pukul 1:04 am Reply

    kalo mau cerdas makanya belajar dengan giat ya

    Suka

  99. dina ramona Mei 29, 2011 pukul 7:24 am Reply

    cerdas adalah modal dalam hidup

    Suka

  100. ajj Mei 31, 2011 pukul 4:32 am Reply

    orang cerdas= orang yang mampu memproses dan menciptakan pengetahuan (menggunakan otak kanan dalam berpikir)
    orang pintar= orang yang memiliki banyak pengetahuan dan pemikiran didasarkan pada logika(otak kiri)

    Suka

  101. Jhon Juni 1, 2011 pukul 2:46 pm Reply

    Orang cerdas adalah orang yg mengetahui dirinya sendiri serta mengerti dengan baik keselurahan dari awal dan sampai akhir arah tujuan hidupnya…!!

    Suka

  102. agus Juli 4, 2011 pukul 12:11 am Reply

    Mungkin yang dinamakan cerdas adalah.ketika kita dalam keadaan kepepet kita dapat dengan cepatkuluar dari masalah itu. mungkin harus dengan pikiran yang sehat dan jernih.Numpang promo nih :http://gorden-excellent.blogspot.com

    Suka

  103. warisno Juli 30, 2011 pukul 11:34 am Reply

    cerdas pada dasarnya kodrat….,kt di takdirkan mnjadi mahluk ALLOH yg cerdas….di banding mahluk yg lain…, jd cerdas adalah mempuyai kemampuan yg lebih di banding yg lain

    Suka

  104. uztprabowo (@uztprabowo) Agustus 12, 2011 pukul 6:51 am Reply

    oke bagus alhamdulilah

    Suka

  105. gugum gumilar Oktober 5, 2011 pukul 8:57 am Reply

    cerdas dan pintar itu beda
    ciri orang cerdas=tidak bisa berhenti berpikir, ahli debat, selalu banyak ide
    ciri orang pintar= selalu ranking 1 di sekolahya

    Suka

  106. aditya surya admaja (@aditya_surya_fz) Oktober 6, 2011 pukul 11:16 pm Reply

    cerdas….

    cerdas itu banyak definisnya tergantung apa yang menjadi prinsip kita . .

    cerdas menurut hemat saya adalah orang-orang yang berpikir dan melakukan sesuatu di luar kebiasaan orang-orang kebanyakan, mengambil kesempatan peluang dengan sangat maksimal dan menjadikan itu untuk keuntungan diri sendiri dan orang lain, menjadikan suatu kesimpulan bahwa hidup adalah untuk terus belajar dan berusaha . . !!!

    Suka

  107. Rha Oktober 12, 2011 pukul 3:00 pm Reply

    Mnurut rha,, orng cerdas itu adalah,, seseoang yg selalu brfkran positiv, sllu berfkran ke depan dan,, selalu tenang stiap mnylsaikn msalah atau soal2,, n orng cerdas jarang panik,, krna dy situasi itu kdang dy masiih brfkir,, atau dy brni brtnggung jwab n ambil resiko,, orng cerdas biasa nya tipe orng yg tdak bnyak bicara,, krna prinsip orng cerdas klau bnyak bicara kdang tdak ada guna nya,, karna mulut mu bisa mu,,, :)

    Suka

  108. thania Oktober 19, 2011 pukul 2:59 am Reply

    orang cerdas adalah orang yang mampu mengenal keadaan sekitarnya . dan selalu berbicara logis bukan bicara semaunya tapi gak ada arti di dalam omongannya.

    Suka

  109. elvita adawie (@vi_elvi) November 23, 2011 pukul 2:09 pm Reply

    lumayan… saya suka kata” membuminya.. cerdas,, dia yg mampu menempatkan diri,, :D

    Suka

  110. ilham Desember 12, 2011 pukul 3:58 pm Reply

    semua orang cerdas,karena mereka ciptaan alloh swt

    Suka

  111. andezta thanks bgt udh sangat sangat membantu Desember 19, 2011 pukul 8:30 am Reply

    ah………….semua manusia cerdas kok………….

    jamuj jamu …..5 ribu 5 ribu segelas ayo ayo beli beli…………..

    Suka

  112. kodir Januari 6, 2012 pukul 4:11 pm Reply

    orang cerds menurut saya adalah orang yang mampu memahami dan penuh kesadaran diri ttg,tujuan,keadaan dan masalah suatu obyek

    Suka

  113. amos daniel Januari 10, 2012 pukul 10:53 am Reply

    anjela sayangku bagaimana cara ingin pintar dapat rangking 1?

    Suka

  114. yaser Januari 18, 2012 pukul 5:32 am Reply

    stelah mebaca cerdas .com saya juga ingin jadi anak yang cer das

    Suka

  115. gstvrck Februari 8, 2012 pukul 4:55 pm Reply

    kata kata bijak mario teguh..

    Orang bodoh sulit dapat kerja, akhirnya dia berbisnis. Agar bisnisnya berhasil, tentu dia harus rekrut orang Pintar. Walhasil Bosnya orang pintar adalah orang bodoh.

    Orang bodoh sering melakukan kesalahan, maka dia rekrut orang pintar yang tidak pernah salah untuk memperbaiki yang salah. Walhasil orang bodoh memerintahkan orang pintar untuk keperluan orang bodoh.

    Orang pintar belajar untuk mendapatkan ijazah untuk selanjutnya mendapatkan kerja.
    Orang bodoh berpikir secepatnya mendapatkan uang untuk membayari proposal yang diajukan orang pintar.

    Orang bodoh tidak bisa membuat teks pidato, maka dia suruh orang pintar untuk membuatnya.

    Orang Bodoh kayaknya susah untuk lulus sekolah hukum (SH). oleh karena itu orang bodoh memerintahkan orang pintar untuk membuat undang-undangnya orang bodoh.

    Orang bodoh biasanya jago cuap-cuap jual omongan, sementara itu orang pintar percaya. Tapi selanjutnya orang pintar menyesal karena telah mempercayai orang bodoh. Tapi toh saat itu orang bodoh sudah ada di atas.

    Orang bodoh berpikir pendek untuk memutuskan sesuatu di dipikirkan panjang-panjang oleh orang pintar, walhasil orang orang pintar menjadi staffnya orang bodoh.

    Mata orang bodoh selalu mencari apa yang bisa di jadikan duit. Mata orang pintar selalu mencari kolom lowongan perkerjaan.

    Suka

  116. yahanoe zanmeng Februari 26, 2012 pukul 5:31 pm Reply

    Cerdas itu bisa membaca sikon yang di hadapinya,,,
    n’ org cerdas itu nda perlu pintar lo,,,!
    Sperti org penemu listrik,,,,ayi spa orgnya???
    Bliau tdak naik sekolah tpi bsa mmbuat sesuatu yg brguna bgi perkembangan dunia,…!

    Suka

  117. yahanoe zanmeng Februari 26, 2012 pukul 5:33 pm Reply

    Orang cerdas itu orang yang gaya berpikirnya kedepan

    Suka

  118. sischa Maret 6, 2012 pukul 10:31 am Reply

    haii smw,,,sneng baca koment x,,lucu” dan prinsifil,,,,
    mmmmm,klo aQ cerdas tu diam,,,,mengerti,,,,n memahami,,,, tks

    Suka

  119. umam Maret 6, 2012 pukul 10:36 am Reply

    mnrut gw cerdas tu santai tp pasti,,,,,,,hehehehe iya kn,,,,?

    Suka

  120. harfi Maret 6, 2012 pukul 10:39 am Reply

    mmmma cerdas yw,,, sbar dari sgala angkara murka

    Suka

  121. jumayanti mymy Mei 8, 2012 pukul 10:00 am Reply

    like this..
    org yg cerdas adlh org yg dpt brfkr kritis dmnapun, kpn pun, dn dlm situasi apapun.. mreka mnghalalkn smua cara yg mnrt mreka crdik dlm mnggapai tujuan tsb

    Suka

  122. Arizty Kiki September 22, 2012 pukul 11:00 am Reply

    cerdas menurut gue mampu berfikir dikala orang lain belum mampu

    Suka

  123. tri ambar Maret 16, 2013 pukul 6:50 pm Reply

    assalamualaikum.wr.wb
    menurut saya org cerdas itu adalah org yg tau akan kelemahan atau kelebihan dirinya,slalu berpikir utk kedepannya,bijaksana,dan org yg mengambil keputusan scr cepat dan tepat
    cukup ini aj deh yg aq tau^_-
    wassalamualaikum.wr.wb

    Suka

  124. wirapandita Juli 5, 2013 pukul 8:13 pm Reply

    orang cerdas sdh pasti pintar sedangkan org pintar belum tentu cerdas. Hal ini berlaku dlm sgl bidang kehidupan.

    Suka

  125. gojo Desember 28, 2013 pukul 3:19 pm Reply

    orang cerdas adalah dia yang tidak mau ketinggalan dalam forum pembagian sembako

    Suka

  126. kursus seo Januari 20, 2014 pukul 10:16 pm Reply

    mkasih gan , bermanfaat sekali nih artikelnya

    Suka

  127. revilusi Februari 21, 2014 pukul 3:49 am Reply

    Tulisan artikelnya ga dsertai bukti
    Nulis sambil menghayal ya mas ??
    Bagaimana seseorang percaya akan cerita dari berbeda massa ??
    Bila percaya gitu aj … yaa itu namanya cerdas dalam menangkap cerita .

    Suka

  128. lidiah Maret 4, 2014 pukul 8:38 pm Reply

    orng cerdas itu bisa myesuaikan di

    Suka

  129. ulfa allysha Maret 9, 2014 pukul 12:56 pm Reply

    orang cerdas adalah orang yang selalu merasa dirinya bdoh dan kurang akan ilmu sehingga dia tidak pernah bosan dlam memplajarinya, sdangkan org bdoh adlah org yg slalu mrasa dri@ lbih

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.159 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: