Dampak Tol Surabaya – Malang bagi pebisnis

Jalan raya tol surabaya – malang banyak menjadi perhatian masyarakat pada umumnya, terutama bagi para pebisnis. Menurut salah satu surat kabar Malang rencana pembangunan dimulai tahun 2015 dan tahun ini 2014 masih tahap pembebasan lahan.

Mari kita berandai – andai 3 atau 4 tahun lagi proyek tol ini selesai dan mulai beroperasi, bagaimana nasib masyarakat yang menjalankan bisnisnya di wilayah pandaan hingga malang yang terkena imbas tol ini. Secara otomatis kendaraan pribadi, bus, dan kendaraan umum Surabaya – Malang pasti akan melewati jalur baru ini, karena memang akan dirasa dapat memperpendek jarak tempuh mereka menuju tujuannya.

Bisnis oleh – oleh dan rumah makan adalah beberapa sektor usaha yang berdampak langsung akibat adanya tol ini. Mereka harus memikirkan kembali usahanya apakah masih layak untuk dipertahankan ataukah sudah mulai harus hunting lokasi baru. Mungkin sekarang sudah agak terlambat memikirkan hal ini karena dalam bisnis kita harus merencanakan bisnis kita secara keseluruhan baik dari sisi internal maupun secara eksternal.

Kalau boleh saya berasumsi dampat tol ini, kerugian milyaran akan ditanggung para pebisnis di wilayah ini. Mulai dari UKM hingga yang bermodal besar. Ada istana kue di singosari, ada sensa pusat oleh – oleh di Lawang, ada bakpao telo, ada restoran padang sederhana di purwodadi, dan masih banyak lagi. Belum lagi SPBU yang banyak sekali di jalur tersebut. Omset mereka kemungkinan besar akan merosot drastis. Apakah ada kemungkinan “lobi – lobi” terkait keberadaan tol ini saya tidak tahu. Semoga semuanya akan berakhir bahagia.

Saya jadi teringat film kartun besutan Walt Disney berjudul CARS 2 yang menceritakan tentang route 66 di negeri paman sam. Semenjak dibangun tol yang menghubungkan dua negara bagian, jalur 66 ini mengalami kemerosotan bisnis yang drastis hingga seperti kota mati.

Tagged: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: