Delphi7: Membuat dll file untuk Aplikasi MDI Form

Kali ini saya ingin berbagi sekaligus bertanya barangkali ada yang sudah mencoba hal ini dan bagaimana kelebihan dan kekurangannya.

Saya membuat sebuah contoh aplikasi berbasi MDI Form dengan dua versi. Yang pertama adalah seperti halnya delphi7 membuat MDI Application dan bisa anda lakukan di wizzardnya Delphi7. Versi keduanya adalah membuat Aplikasi MDI dengan menggunakan MDI Child dalam bentuk DLL. Setelah baca beberapa literatur tentang hal ini ternyata tidak bisa dilakukan (dalam artikel ini).Akan tetapi bisa disiasati dengan menggunakan package bpl ( baca disini).

Setelah membuat dua aplikasi ini, saya lebih cenderung menggunakan aplikasi MDI versi pertama seperti yang dilakukan oleh wizzardnya delphi7, meski file .exe yang ditimbulkan cukup besar akan tetapi memory size yang dipakai (lihat di Task Manager) lebih sedikit dibandingkan saat saya menjalankan aplikasi versi kedua. Alasan yang lain adalah, versi pertama hanya butuh 1 file saja untuk du execute, sedangkan versi kedua butuh banyak sekali file pendukung, apalagi jika kita membuat aplikasi tersebut dengan berbagai macam komponen maka akan dibutuhkan file pendukung .bpl sesuai dengan komponen yang terinstal.

Saya belum tahu apa kelebihan dari versi kedua ini selain file size dari .exe tersebut yang sangat kecil. Jika anda tertarik mencoba nya disini atau disini untuk membuat aplikasi MDInya dan disini untuk membuat aplikasi MDI dengan bpl nya.
Selamat mencoba dan mohon masukannya.

Ditandai:, , ,

3 thoughts on “Delphi7: Membuat dll file untuk Aplikasi MDI Form

  1. sucy Januari 20, 2009 pukul 4:51 am Reply

    MDI bedanya apa denga aplikasi yg non-MDI

    Suka

  2. andi Januari 21, 2009 pukul 3:49 am Reply

    Yang paling jelas bedanya adalah jika memakai MDI file yang muncul di taskbar dibawah itu cuman 1 dan bisa buka banyak form didalamnya .. seperti aplikasi Microsoft word dkk.
    Klo Non MDI muncul semua per Form dan biasa disebut dengan SDI.
    Klo Definisinya MDI = Multiple Document Interface
    dan SDI = Single Document Interface

    Suka

  3. alfan Februari 21, 2009 pukul 12:04 am Reply

    keuntungan dari mdi on package hanyalah pada block building.
    lebih mudah untuk melakukan debugging dan atau pengembangan aplikasi. (www.delphi.about.com) kunjungi aja situs itu. cukup jelas koq membahas tentang delphi. gud luk.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: