SHUBAH, apa itu ?

Apa itu Shuhbah ? Sebenarnya saya sendiri belum begitu paham, keterangan ini bukan bermaksud mengulas tuntas tentang Shuhbah tetapi hanya merecord dari penjelasan mbah DIPO saat kita melakukan komprens dengan jauhari. Shuhbah adalah salah satu cara Rasulullah dalam menyebarkan ISLAM secara kongkret alias melakukan pendampingan kepada ummat secara langsung kepada sahabat Rasul. Mungkin kata Shuhbah itu diambil dari kata Shohabat atau sahabat dalam bahasa kita, maafkan jika salah.

Perbedaan Shuhbah dengan Taklim

Mbah DIPO menganalogikan antara Shuhbah dengan Taklim itu dengan pelajaran berenang. Misalkan anda diberikan diktat dan pelajaran teori tentang berenang mulai jilid 1 – 10 dan sudah hafal semua, akan tetapi belum pernah sama sekali masuk kedalam kolam renang untuk mempraktekkannya. Nah ini yang dinamakan dengan Taklim, dimana anda duduk, diam, manggut2x dalam satu majelis kemudian pulang membawa catatan dan buku diktat yang tebal.

Sedangkan Shuhbah diibaratkan, praktek berenang dimana anda setiap hari meluangkan waktu anda untuk belajar berenang secara langsungn masuk ke kolam renang. Mungkin anda hanya tahu sekilas tentang teori berenang itu seperti apa. Anda terus berusaha untuk belajar berenang secara langsung dan ini kemungkinan keberhasilan dalam berenang lebih besar dibandingkan anda menghafal teori tentang berenang mulai jilid 1 – 10. Bukan berarti Taklim tidak diperlukan dalam berdakwah, akan tetapi taklim dijadikan sumber pengetahuan dan Shubah menjadi implementasi dari taklim tadi.

Untuk lebih jelasnya kita kembali ke mbah DIPO😀

2 thoughts on “SHUBAH, apa itu ?

  1. Jauhari Februari 2, 2007 pukul 9:52 am Reply

    Hmmm LEARN BY DOING – SHUBAH kali ye?

    Suka

  2. Mbah Dipo Februari 16, 2007 pukul 10:14 am Reply

    wow…mari kita hidupkan shuhbah..:)

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: